Vaksinasi Mandiri Dikhawatirkan Ganggu Stok Vaksin

“Vaksinasi mandiri dilaksanakan oleh rumah sakit yang tidak ditunjuk melakukan vaksinasi gratis,” jelas Presiden. “Mudah-mudahan, akhir Februari atau selambatnya awal Maret 2021, vaksinasi mandiri sudah bisa dilaksanakan,” kata Presiden Joko Widodo dalam diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi media nasional di Istana Negara, Rabu (17/2/2021). Pekan Imunisasi Dunia – dirayakan setiap tahun pada minggu terakhir bulan April – bertujuan untuk mempromosikan penggunaan vaksin untuk melindungi orang-orang dari segala usia dari penyakit. Penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untu vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk vaksinasi program pemerintah. Jenis vaksin yang digunakan oleh vaksinasi program pemerintah adalah Sinovac, Novavax, AstraZeneca, Covax/ GAVI dari WHO, dan vaksin Pfizer.

Perbedaan merek vaksin juga penting untuk menghindari kebocoran. Selama ini, premium bocor ke pihak yang tidak berhak karena sama-sama dijual di SPBU. “Untuk mencegah terjadi terjadinya kebocoran, KPK justru yang menyarankan bahwa sebaiknya vaksin mandiri jangan sama dengan vaksin gratis,” ungkap Budi. Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. karena jika melalui pemerintah, akan ada birokrasi yang terlalu banyak. Sedangkan untuk produk vaksin seperti Moderna dan Pfizer itu butuh pendekatan khusus yang bisa dilakukan oleh pengusaha agar mempercepat pengirimannya,” tutur Arif.

Kolaborasi juga dilakukan dengan menggandeng Imunicare Bio Farma yang totalnya bisa memberikan vaksinasi sebanyak 1,6 juta jiwa. Sehingga, kemampuan vaksinasi mandiri ini jika ditotal bisa mencapai 16,02 juta per bulan dengan dosis yang dibutuhkan adalah sebanyak dua kali vaksin atau 32,05 juta jiwa. Untuk melakukan vaksinasi mandiri tersebut, Erick turut meminta kerja sama antara rumah sakit pelat merah dengan swasta. Hal itu, ujar Erick perlu dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi. “Saya meminta kita bergotong-royong karena skema vaksin bantuan pemerintah saat ini diprioritaskan untuk profesi tertentu dan masyarakat termiskin.

Vaksinasi Mandiri

Bagi yang memiliki penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau infeksi HIV, Anda tetap disarankan untuk menjalani pengobatan dari dokter sebelum mendapatkan vaksin COVID-19. Beberapa hari sebelum disuntik vaksin COVID-19, usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malamnya. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin. Rutin berolahraga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga perlu dilakukan sebelum mendapatkan vaksin, karena kebiasaan ini baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat.

Erick mengungkapkan, pada awal tahun 2021 Indonesia akan kedatangan lagi vaksin sebanyak 1,8 juta dosis dan 15 juta lainnya sebagai bahan baku untuk diproduksi di Bio Farma untuk Januari 2021. Di tengah rencana vaksinasi Gotong Royong, vaksinasi tahap kedua memang harus terus berjalan, baik itu terhadap lansia dan pelayan publik, seperti media, pendidik dan tenaga pendidik, dan sebagainya. Untuk vaksinasi pelayan publik ditargetkan menyasar 16,9 juta orang. Hanya saja, kata Shinta, penyediaan vaksin menjadi tantangan bagi pemerintah di tengah ketatnya pasokan vaksin akibat embargo dari produksin vaksin, seperti India. “Target pemerintah adalah bulan herd immunity sudah terbentuk. Dan itu harus dilakukan dengan vaksinasi 1 juta perhari, ini bukan angka yg kecil.”

Pelaksanaan vaksinasi gotong royong juga harus dilakukan melalui kerja sama antara badan hukum/badan usaha dengan fasyankes milik masyarakat/swasta. Pada Pasal 21 Ayat 1 disebutkan, pelayanan vaksinasi program dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah atau masyarakat/swasta. Fasyankes yang dimaksud Puskemas, Puskemas pembantu, klinik, rumah sakit, unit pelayanan kesehatan di kantor kesehatan pelabuhan serta di pos pelayanan vaksinasi. Sedangkan untuk Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi untuk karyawan dan karyawati yang biayanya ditanggung atau dibebankan oleh badan hukum/badan usaha.

Niko