Lawan Pandemi, Presiden Jokowi Ingatkan Anak Indonesia Terapkan Prokes Three M

Kemudian di sisi siswa, Sri mengatakan banyak kesulitan yang didapati dalam memahami pembelajaran yang dilakukan jarak jauh. Meskipun sekolah didorong segera melaksanakan PTM, ia menegaskan terdapat banyak persyaratan Agen Bola Online yang perlu dipenuhi sekolah sebelum membuka kegiatan belajar di kelas. Diketahui, IDAI juga merekomendasikan agar sekolah tatap muka terbatas, yang sedianya akan digelar Juli 2021, untuk ditunda.

Menjawab hal tersebut, Presiden menjelaskan bahwa sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk membuka sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021 ini. Namun, karena jumlah kasus aktif Covid-19 melonjak naik, rencana tersebut terpaksa ditunda sambil menunggu situasi. Jokowi juga berpesan agar anak-anak Indonesia tetap semangat belajar meski di rumah saja. Ia pun meminta anak-anak tetap menaati protokol kesehatan dan menjadi agent of change untuk lingkungan di sekitarnya. Sama halnya apa yang disampaikan Presiden Jokowi, Walikota Danny berharap anak anak di kota Makassar harus mempunyai semangat tinggi untuk belajar di masa pandemi seperti ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah memberikan lampu hijau, sekolah tatap muka secara terbatas bisa dilakukan pada tahun ajaran baru bulan Juli 2021.

Alasan lainnya dalam mengambil kebijakan ini ialah munculnya surat edaran Walikota Bengkulu tentang penghentian kegiatan yang bersifat keramaian atau kerumunan. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dipastikan belum dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Kebijakan sekolah tatap muka ini, bisa digelar kalau ada persetujuan dari orangtua, komite, dan pihak sekolah. Pembatalan pembelajaran tatap muka di sekolah karena Pemerintah Kota Depok belum dapat memastikan pandemi corona akan berakhir. Menurutnya, rencana sekolah tatap muka itu dilaksanakan jika Pemerintah kota dan masyarakat sama-sama bekerja keras untuk memutus rantai penyebaran virus mematikan ini. Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru mengungkapkan, dengan kondisi Ambon, yang berstatus zona oranye, maka rencana sekolah tatap muka itu tidak dilaksanakan.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, sekolah tatap muka batal dilaksanakan menimbang meroketnya kasus COVID-19 di DIY sepekan terakhir. PTM terbatas juga dilakukan berbasiskan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat di daerah itu. Aman menjelaskan, sekolah tatap muka boleh dilakukan dengan syarat transmisi lokal sudah terkendali yang ditandai dengan positivity fee atau laju penularan kurang dari 5 persen.

Sekolah dengan tatap muka dibatalkan

Anak-anak rindu juga ketemu dengan teman-teman dengan kakek neneknya paman bibinya gitu ya,” lanjut Jokowi. Selanjutnya sektor esensial khusus kebutuhan pokok masih akan beroperasi a hundred persen namun dengan protokol kesehatan. “Untuk sekolah tetap daring, saya tidak akan mengizinkan sekolah untuk tatap muka,” jelasnya. Atas kebijakan tersebut, Rosmayetti berharap seluruh SD dan SMP baik negeri maupun swasta di Kota Bengkulu dapat mentaati pelaksanaan belajar daring pada semester genap tahun 2021. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021, pemerintah daerah mulai dari Gubernur dan Wali Kota diminta melakukan pembatasan kegiatan.

Menurut Thamrin, secara umum tidak ada perubahan kebijakan mengenai PJJ. “Namun demikian, tahun ajaran 2021, kami membolehkan guru melakukan home go to atau kunjungan ke rumah anak didik,” terangnya. Pasca Lebaran kasus covid-19 semakin melonjak dengan penambahan zona merah di sejumlah daerah. Di antaranya seperti durasi belajar three hingga 4 jam, daya tampung 1 kelas hanya 50 persen, ditambah pengaturan jarak 1,5 meter antar tempat duduk siswa. Ketua Satgas IDI, Prof. Zubairi Djoerban meminta Pemprov DKI Jakarta untuk kembali mencabut uji coba pembukaan tatap muka di eighty five sekolah di Jakarta, yang dimulai Rabu, 7 April 2021 hari ini. “Anak-anak sekolah harus divaksinasi dulu. Kita sudah ada vaksin untuk umur 12 tahun sampai 17 tahun. Tentunya ke depannya akan kita vaksinasi secepatnya seluruh anak,” katanya.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang mendesak terkait pembelajaran. JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar di Ibu Kota batal dilakukan secara tatap muka karena keadaan pandemi Covid-19 sedang genting. Bahkan, Plt Gubernur juga meminta kepada semua anak-anak di Indonesia khususnya di Sulsel untuk semakin kreatif, patuh kepada orang tua, serta senantiasa tetap menjaga semangat belajar meskipun dalam kondisi yang terbatas. Bahkan, ia meminta kepada semua anak-anak di Indonesia khususnya di Sulsel untuk semakin kreatif, patuh kepada orang tua, serta senantiasa tetap menjaga semangat belajar meskipun dalam kondisi yang terbatas.

Selain itu, pihak sekolah harus memaklumi keputusan orang tua yang tidak mengizinkan anaknya kembali sekolah tatap muka. Dalam hal ini, ia menegaskan sekolah di zona merah tidak boleh melakukan PTM. Namun pelaksanaan PTM didorong untuk sekolah yang kesulitan melakukan pembelajaran jarak jauh dan dinilai aman dari penularan Covid-19. “Karena kan tidak semua daerah 514 kabupaten kota di 34 provinsi, nggak semuanya merah,” katanya.

IDXChannel – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pembelajaran Tatap Muka bagi dunia pendidikan di Ibu Kota urung dilaksanakan. Wakil Gubernur DKI Jakarta memastikan pembelajaran Tatap Muka bagi dunia pendidikan di Ibu Kota urung dilaksanakan. “Pelaksanaan sekolah kembali dilaksanakan secara daring, sampai tren COVID-19 menurun,” kata Ahmad Muhdlor Ali di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa, 22 Juni 2021, dilansir dari Antara. Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan Palembang akan fokus vaksinasi siswa. Keputusan ini diumumkan Wali Kota Palembang Harnojoyo usai rapat koordinasi lintas sektoral. “Untuk meringankan beban pelajar, bantuan kuota dari pemerintah pusat masih berlanjut. Selain itu, bekerja sama dengan Diskominfo Kota Depok, kita memasang Wi-Fi di ribuan titik di hampir seluruh RW,” ujarnya.

Niko