5 Cara Dukung Tumbuh Kembang Anak Selama Pandemi Covid

Moms perlu menyimak bagaimana perkembangan kognitif anak 0-3 tahun berikut ini. Roadmap pendidikan yang memang pada dasarnya mengarah pada teknologi dan informasi harus dilakukan dalam waktu yang lebih cepat mengingat suasana wabah pandemi Covid-19 saat ini. Orang tua juga harus mengajarkan proses penyelesaian permasalahan tersebut agar anak dapat belajar untuk mengatasi masalah yang sama di kemudian hari.

Kemampuan komunikasi anak terkait dengan kemampuan menulis, membaca, dan menjalin hubungan interpersonal, baik saat ini maupun saat dewasa nanti. Cara melatih kemampuan ini yaitu dengan mengajak anak bicara, menyanyikan lagu, danmembacakan dongeng, bahkan sejak Si Kecil hanya mampu berkomunikasi dengan cara tersenyum atau menangis. Motorik mencakup kemampuan bergerak dan keterampilan koordinasi anggota tubuh. Anak yang bermasalah dalam kemampuan motorik mungkin akan kesulitan dalam belajar menulis, berenang, menggambar, menari, berbicara, atau melakukan gerakan yang memerlukan ketepatan, seperti menangkap bola.

Wortel termasuk salah satu sayuran yang mengandung gula alami cukup tinggi. Dalam a hundred gr wortel, terkandung sekitar 4,5 gr gula alami yang dapat digunakan sebagai sumber energi anak. Peran orang tua, terutama ibu, sangat penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi, serta menstimulasi dan memantau tumbuh kembang anak setiap harinya. Anak dapat tumbuh dengan sehat, dan kemampuannya berkembang dengan baik, tak terlepas dari peranan ibu dan ayahnya.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

Gempi biasa ia disapa dikenal sebagai anak yang cerdas dan juga menggemaskan. Hal tersebut dapat dilihat dari foto maupun video yang sering diunggah oleh Gisel dan Gading di akun sosial media pribadinya. Bekerja setelah memiliki anak merupakan hal yang banyak dijalani, bahkan oleh kedua orangtua sekaligus.

Jakarta – Pakar nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR. Dr. Saptawati Bardosono mengungkapkan empat hal utama yang anak butuhkan agar tumbuh dan berkembang optimum. Masa balita juga dikatakan sebagai masa periode emas dalam kehidupan seorang manusia, suatu periode yang tidak dapat di ulang dalam usia selanjutnya. Oleh karena itu masa emas ini harus benar-benar dimanfaatkan secara optimal oleh orang tua untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anakmelalui pola asuh yang benar. Pengelolaan kelompok BKB dalam pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan oleh kader. Kader BKB adalah anggota masyarakat yang bekerja secara suka rela dalam membina dan menyuluh orang tua balita tentang bagaimana mengasuh anak secara baik dan benar. Pada 3-6 bulan anak mulai dapat beradaptasi dan mengenal wajah orang-orang disekitarnya dan bisa berekspresi.

Saat ini sudah jarang orang tua yang bisa meluangkan waktunya untuk membaca buku bersama anak. Padahal dengan membaca buku akan membantu anak mendengar kata-kata baru yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Setelah mengetahui kosakata baru tersebut, anak akan bisa berkomunikasi dengan susunan kalimat yang baik. Begitu pula dengan kemampuan bahasa, tanpa stimulasi bahasa dengan mengajak anak berbicara, anak tidak akan memiliki kemampuan bahasa yang baik karena anak belajar berbicara dari mendengar.

Menyiapkan asupan gizi untuk anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Karena asupan gizi yang diterima anak akan mempengaruhi proses tumbuh kembang mereka di usia dewasa kelak. Memenuhi kebutuhan gizi harian adalah salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Apabila Si Kecil mengonsumsi lemak dengan cukup juga dapat membantu tumbuh kembangnya baik fisik maupun otaknya. Bunda mencukupi kebutuhan lemak Si Kecil lewat sumber makanan seperti daging, ikan, susu, kacang-kacangan dan alpukat. Protein menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Mengingat salah satu fungsi protein sebagai pendukung pertumbuhan fisik Si Kecil karena protein berperan untuk memproduksi Beli Free Spin sel baru dalam tubuh Si Kecil. Selain itu, protein juga berperan sebagai pemecah makanan menjadi energi, membawa oksigen, melawan infeksi, untuk memelihara dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh Si Kecil. Tidak hanya menyenangkan, bermain juga bisa membantu perkembangan motorik dan kecerdasan anak. [newline]Dan sebagai orang tua, Anda bisa memfasilitasi kegiatan bermain anak dan mengajaknya memainkan permainan yang bersifat edukatif.

Misalnya, anak harus dilatih untuk merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan sesuai dengan usia perkembangannya agar anak memiliki kemampuan motorik kasar yang baik. Pemantauan tumbuh kembang harus dilakukan secara rutin karena merupakan suatu proses yang terus berlangsung dan dalam perjalanannya dapat mengalami gangguan atau penyimpangan. Karena itu, orangtua sebaiknya memiliki catatan khusus tentang perkembangan anak karena waktu pencapaian perkembangan motorik dan psychological setiap anak tidak akan sama persis. Ikatan antara ibu dan anak merupakan gabungan aspek psikologis dan biologis yang kompleks. Hubungan antara ibu dan anak dapat memengaruhi pertumbuhan otak, hormon pertumbuhan, dan kondisi kesehatan anak secara umum. Oleh karenanya, ibu harus menjadi nomor satu dalam mendukung tumbuh kembang anak melalui berbagai cara.

Stimulasi pada lima tahun pertama kehidupan tidak hanya berdampak positif pada perkembangan otak anak di masa ini, tapi juga kemampuan belajarnya di masa depan. Untuk mengoptimalkan tahapan tumbuh kembang si Kecil, berikan ia makanan yang bergizi, menerapkan pola hidup sehat, mengajaknya berkomunikasi, dan mendukung aktivitasnya. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan. Istilah tumbuh kembang anak merupakan pembahasan yang menarik jika dilakukan oleh kalangan orang tua.

Niko