Peran Indonesia Dalam Menjaga Perdamaian Dunia

Ekspresi dan kegundahan kedua tokoh nasional tersebut, tentu merupakan bentuk kegelisahan yang harus dijadikan tolok ukur memudarnya pemahaman masyarakat terhadap wawasan kebangsaan yang dijiwai oleh nilai – nilai luhur Pancasila. Hingga saat ini, Pancasila masih tampak kokoh berdiri mempersatukan berbagai komponen bangsa, suku bangsa, golongan dan etnik di bawah NKRI. Namun, bangsa ini harus berani jujur untuk mengakui bahwa Pancasila sebagai dasar negara cenderung dipandang hanya sebatas simbol yang mulai kehilangan roh dan makna filosofinya.

“Maka penting bagi kita untuk meningkatkan indeks literasi generasi muda sebagai generasi bangsa Indonesia saat ini. Inilah yang menjadi filosofi dasar Presiden RI mengangkat tema sentral Peningkatan Kualitas SDM memasuki bonus demografi 25 tahun kedepan,” jelasnya. Agar pemuda terus berkarya dan siap membangun bangsa melalui keterampilan yang tercipta melalui penguasaan literasi. Maka, generasi muda harus siap menjadi tonggak pembangunan guna mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara lain di percaturan global,” kata Syarif Bando. Harus diakui secara jujur, period reformasi yang membawa semangat perubahan dan keterbukaan telah membawa banyak perubahan positif maupun negatif bagi kehidupan nasional.

Perkumpulan Dosen Manajemen Indonesia Jateng menyatakan segera menerapkan program kerja yang sudah tersusun di tubuh organisasi. Ketua PDMI Jateng terpilih, Dr Taswan, mengemukakan terdapat enam program kerja besar yang akan dilaksanakan. “Pasar finansial sekarang belum pulih, gelombang PHK terus berkembang di banyak negara dan multinational corporation game slot online,” katanya. Orang-orang berkumpul di sekitar reruntuhan dua kereta yang bertabrakan di distrik Tahta di provinsi Sohag, sekitar 460 km selatan ibu kota Mesir, Kairo (26/three/2021). Mesir telah dilanda kecelakaan kereta api yang mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Topologi bus mengarahkan semua perangkat pada jaringan di sepanjang kabel yang berjalan dalam satu arah dari satu ujung jaringan ke ujung lainnya. Aliran information pada jaringan juga mengikuti jalur kabel, bergerak dalam satu arah. Topologi bus adalah pilihan yang baik dan hemat biaya untuk jaringan yang lebih kecil karena tata letaknya yang sederhana. Namun, karena topologi bus menggunakan satu kabel untuk mengirim knowledge, mereka agak rentan.

Percaturan Indonesia

Duel catur antara Grandmaster Wanita Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas, yang menyedot perhatian karena kasusnya di Chess.com, akan berlangsung Senin hari ini, 22 Maret 2021. “Harapan besar, agar memberikan pembekalan kepada para mahasiswa agar tetap netral dan menjaga idealismenya. Dipilihnya lomba tersebut, untuk menambah semangat sekaligus menguji ability mahasiswa dalam dunia kejurnalistikan,” ungkap Direktur LP2M.

Saya sakit hati dengan pernyataan itu dan ingin menuntaskan diatas papan catur,” kata Dadang Subur dalam pernyataannya yang diunggah dalam akun @mastercorbuzier. “Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya dimata dunia percaturan Internasional. Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air, Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang,” tulis GM Irene. Bagi dirinya sendiri membutuhkan waktu setidaknya 9 tahun menjalani pelatihan hingga mencapai gelar Grandmaster. Dengan grafik permainan yang dimiliki akun Dewa Kipas di Chess.com, kata Irene, seharusnya orang tersebut sudah memiliki gelar Juara Dunia. “Ini adalah surat terbuka untuk mengungkapkan kegundahan hati saya akan kasus yang belakangan ini ramai dibicarakan di dunia catur, olahraga otak yang saya tekuni selama lebih dari 20 tahun,” tulis Irene dalam surat terbukanya.

Kemampuan literasi yang baik akan membantu memahami informasi dan ilmu pengetahuan baik lisan maupun tertulis. Penguasaan literasi berguna dalam mendukung memilah informasi atau pengetahuan yang dibutuhkannya. “Perlu diingat literasi bukan bersifat temporer tetapi dinamis agar pemuda terus berkarya dan siap membangun bangsa melalui keterampilan yang tercipta melalui penguasaan literasi. Maka generasi muda harus siap menjadi tonggak pembangunan guna mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara lain di percaturan world,” kata Syarif Bando. Pertama, seseorang perlu memiliki kemampuan terhadap aksesilibitas sumber informasi yang terpercaya. Kedua memahami apa yang tersurat dan tersirat, makanya mustahil memahami sesuatu tanpa membaca.