Beragam Kegiatan Menyenangkan Agar Anak

Selama masa pandemi, banyak aktivitas yang dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19. Kocoklah plastik tersebut hingga mengembang lalu lemparkan ke halaman rumah yang terbuka. Plastik berisi pewarna tersebut akan meledak dan membuat halaman rumah Anda jadi warna-warni. Permainan ini tak hanya mengasyikkan tetapi juga mengandung nilai-nilai sains yang bisa dipelajari si kecil. Kurangi ekspektasi, misalnya rumah harus bersih tiap hari, makanan harus best tiap saat berbeda, dll. Tidak hanya itu, rasa bosan juga terjadi ketika tidak ada sesuatu hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan.

Apa yang harus dilakukan orangtua jika buah hati sudah mulai bosan dalam beraktivitas di rumah? Pandemi COVID-19 membuat anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah atau pergi ke sekolah. Alhasil, banyak anak mengeluh bosan lantaran terus-menerus berada di dalam rumah.Nah, untuk mengusir kejenuhan anak selama‘stay at home’,yuk, simak tips-tips berikut ini. Sementara itu, 35 persen merasa khawatir ketinggalan pelajaran, 15 persen anak merasa tidak aman, 20 persen anak merindukan teman-temannya dan 10 persen anak merasa khawatir tentang kondisi ekonomi keluarga. Data yang diperoleh dari survei penilaian cepat yang dilakukan oleh satgas COVID-19 , terang Eva, menunjukkan bahwa forty seven persen anak Indonesia merasa bosan di rumah.

Buatlah labirin yang ukurannya besar dan cukup panjang supaya buah hati Anda leluasa bergerak. Permainan anak yang seru ini sangat baik untuk melatih keberanian balita. Permainan keluarga Situs Judi Slot lain seperti kartu atau ludo dapat menjadi sarana buat mempererat bonding dengan anak. Cara lain, buat permainan yang bisa dilakukan di rumah sesuai dengan usia anak Anda.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Pasalnya, tidak semua mata pelajaran bisa dilakukan secara daring. “Matematika itu tidak bisa daring, harus dijelaskan, pelajaran agama harus dipraktikkan. Kendalanya seperti siswa yang tidak memiliki handphone, saluran televisi yang tidak diterima dengan baik dan adat yang melarang adanya teknologi. Kendala tersebut sudah diatasi Dinas Pendidikan, oleh sebab itu proses PJJ masih tetap dilaksanakan. Buat ibu-ibu yang punya anak perempuan, main makeup bisa jadi kegiatan seru lho!

Kelas-kelas di sekolah sudah tergantikan dengan group-group pembelajaran diaplikasi ponsel. Hal ini tentu bukan hal yang mudah bagi semua elemen pendidikan terutama orang tua menghadapi transisi dalam sistem pembelajaran ini. Partisipasi orang tua dalam menemani anak-anaknya belajar secara daring dirumah sangat penting sehingga orang tua dapat memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Setelah lebih dari 1 bulan, banyak orangtua mengeluhkan anaknya yang mulai bosan bermain dan belajar di rumah. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak bosan di rumah selama pandemi corona? Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui on-line yang menggunakan jaringan internet.

Bila diibaratkan, otak si kecil adalah spons yang menyerap apa saja dari yang dilihat dan yang dipelajarinya. Psikolog anak Anastasia Satriyo, M.Psi, Psi, mengatakan justru orang tua perlu menambahkan waktu bermain dengan anak. Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya jika mengizinkan anak bermain game dismartphonesaat proses belajar sudah selesai. Anda harus mengawasi kegiatan si kecil yang satu ini secara cermat agar buah hati Anda tidak tertusuk jarum saat asyik menjahit.

Kegiatan belajar daring menggunakan fasilitas web atau PJJ tentunya menjadi aktivitas baru bagi anak-anak, terutama orang tua di rumah. Dalam pelaksanaannya guru dan pendidik lainnya mencoba untuk memanfaatkan ilmu teknologi dan akses internet untuk menyikapi pembelajaran jarak jauh. Disinilah diperlukan partisipasi orang tua untuk memberikan sarana dan prasarana yang diperlukan siswa dalam pembelajaran daring. Slameto mengatakan bahwa selama pembelajaran di rumah, diperlukan media penunjang seperti handphone atau komputer yang dilengkapi dengan jaringan web dan kemampuan menggunakannya. Namun jangan khawatir, banyak cara kreatif dan mudah untuk menghilangkan rasa bosan yang dialami sang buah hati. Berikut Tagar mengulas tips mengatasi kebosanan anak primary di rumah selama pandemi Corona yang diperoleh dari berbagai sumber.

Jika Anda sudah menerapkan 5 tips di atas, anak akan dijamin merasa lebih nyaman dan aman di rumah. Jangan lupa untuk meningkatkan rasa aman di rumah tersebut dengan asuransi perlindungan rumah Garda Home. Sementera itu negara pertama yang terkena lockdown akibat virus corona, China, telah mengizinkan sekolah kembali dibuka. Karung goni yang sudah tak terpakai dapat dimanfaatkan untuk membuat permainan di rumah.

Niko